Beberapa Fungsi Rice Cooker Untuk Anak Kost


Assalamu’alaikum..

Halo, apa kabar? Bagaimana keadaanmu saat ini yang masih berada di tengah wabah COVID-19. Aku di sini masih setia dengan aktivitas rutin selama physical distancing atau mungkin sekarang sudah berubah menjadi PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan.

Sedih sih dengan melihat impact yang timbul dari keadaan saat ini terutama di sektor ekonomi yang mengalami ketimpangan, salah satunya PHK besar-besaran yang terjadi di banyak industri menyebabkan bertambahnya angka pengangguran yang tidak menutup kemungkinan terjadinya penyimpangan-penyimpangan sosial yang dilatarbelakangi oleh keadaan saat ini, ditambah lagi dengan pembebasan narapidana yang kemungkinan residivis. Semoga kita semua selalu berada dalam lindunganNya, baik untuk kesehatan maupun keselamatan.

Dengan segala pertimbangan yang ada, PSBB mengharuskan sebagian orang untuk tetap berada di rumahnya masing-masing, kecuali aku (kunjungi diary : Libur yang tak dirindukan : Sisi lain dari pandemic). Terlalu sering menghabiskan waktu di rumah membuat kita semakin dekat dengan elemen-elemen yang mengisi rumah selain keluarga tentunya. Terutama para perempuan-perempuan yang sepertinya semakin akrab dengan perabotan rumah tangga. Beberapa hari ini aku sering melihat aneka makanan berseliweran di kolom status akun whatsapp dengan caption homade”. Uuuh… aku yang juga perempuan kadang sangat ingin seperti mereka yang bisa mengeksplorasi diri di dapur, tapi apalah daya kuhanya seorang perantau dengan sebuah kamar sebagai tempat bersandar (apaan sih). Sebagai anak kost yang tak punya dapur apalagi perabot rumah tangga lengkap, paling aku hanya bisa akrab dengan magic com tua berusia ± 11 tahun warisan turun temurun (hehehe).

Efek terlalu lama berdiam di kamar, sepertinya aku menemukan definisi keren tentang magic com. Kedengarannya sih nggak penting. So, aku mau kasih pilihan untuk yang mau ikuti kisah magic com ini silakan tetap berada di laman ini dan keep enjoy, sedangkan jika dirasa nggak penting silakan meninggalkan laman ini, tapi kuharap sih tetap stay aja ya (hehehe).

Entah ini teori dari mana, tapi ini sesuai fakta. Magic com terdiri dari dua suku kata yang masing-masing memiliki arti. Magic menurut kamus bahasa inggris artinya ajaib, sedangkan com itu bisa diartikan sebagai sesuatu yang bersifat luas, universal. Tahu dari mana? Sahabat-sahabat readers bisa kunjungi apabedanya.com atau idcloudhost.com untuk mengetahui lebih lanjut. Aku nggak bahas point tersebut karena bukan menjadi fokus untuk diary kali ini. So, in my opinion magic com itu suatu benda ajaib yang bisa digunakan untuk banyak hal.

Mungkin bagi kebanyakan orang magic com digunakan sebagai penanak nasi, tapi tidak untuk sebagian orang, termasuk aku. Di samping tugasnya menanak nasi, ternyata ada beberapa keajaiban lain yang tersembunyi dibaliknya, diantaranya :

Masak air

Jika magic com bisa memasak nasi, sudah dipastikan bisa memasak air (hehehe). Cukup dengan menuangkan air kedalam pancinya, sambungan dengan listrik, dan jangn lupa untuk mengatur tombol cookernya. Tunggu hingga mendidih, lalu matikan listriknya.

Masak agar-agar/ pudding

Inget banget waktu itu masih kuliah, kebetulan bulan puasa. Tiba-tiba ada hasrat ingin makan pudding. Belilah  pudding instan dan dimasak pakai magic com. Caranya sama seperti masak air, cukup tuang serbuk pudding dan air kedalam pancinya, atur tombol cooker, lalu tunggu hingga mendidih. Bedanya, ketika masak pudding harus sambil diaduk terus ya.

Masak sayur

Siapa bilang jadi anak kost nggak bisa hidup sehat dengan masakan rumahan. Masak sayur juga bisa pakai magic com, namanya juga benda ajaib, seperti sayur bayam, katuk, sop bakso atau sosis (jangan ayam ya, kasihan magic comnya), dan sayur-sayur level ringan lainnya. Sama seperti sebelumnya, hanya dengan memasukan sayur yang sudah dicuci dan dipotong beserta bumbu pelengkap lainnya, biarkan hingga mendidih, aduk-aduk perlahan hingga matang. Disarankan sih jangan masak tumisan karena kurang leluasa saat menumisnya.

Masak mie instan

Wah!!! Sepertinya ini yang paling ngehits, paling sering nih aku masak mie pakai magic com. Tinggal rebus mie di air mendidih, ditambah telur dan sayur juga tak masalah.

Goreng nugget

Nah, ada yang pernah nyoba masak nugget di magic com? Masak nugget kemasan ya. Selain goreng nugget, bisa juga untuk goreng tempe, atau tahu. Sebelum mengeksekusi, pastikan pancinya diisi minyak secukupnya sehingga menambah berat beban panci untuk menekan tombol cookernya.

Ok friends, itulah bebrapa bakat terpendam yang dimiliki oleh magic com selama aku menjadi anak kost dan sebelum aku membeli kompor portable. Selain itu, aku pernah melihat tayangan proses membuat brownies kukus pakai magic com. Hmmm.. sepertinya patut dicoba nih.

Intinya untuk sahabat-sahabat readers yang anak kost, anak kuliah yang kebetulan nggak bisa mudik, nggak bisa beli sayur karena wartegnya tutup terdampak PSBB, jangan panik dan jangan khawatir kalian masih bisa memberdayakan perabot-perabot di sekeliling kalian, izinkan si magic com unjuk kebolehan.

Diary kali ini ditulis sebagai ucapan terima kasih kepada si mejikom tua berusia 11 tahun yang telah setia menemani separuh perjalanan hidupku (uuuuuu… sweet). Mohon maaf jika diary ini mengandung sedikit bahkan mungkin tak ada manfaat di dalamnya. Terima kasih semoga sehat selalu untuk kita semua.



Akhirulkalam.




Comments

  1. Bener banget, di masa kayak gini rice cooker benar-benar jadi sahabat segala masakan :)))


    Diah
    www.diahestika.com

    ReplyDelete
  2. Cucok bgt emng magic com the bestt

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts