Langsung ke konten utama

The Marriage : Tips Memilih Pasangan Hidup Versi Diary Ukhti




                            


Assalamu’alaikum.

Hoam. Musim nikah berarti musim baper. Entah berapa banyak aku mendapatkan undangan di tahun ini. Setiap datang ke undangan selalu auto baper. Nikah merupakan satu hal yang selalu diinginkan oleh setiap orang termasuk aku.  Taaruf, khitbah, akad, dan hidup bahagia, uuuuuuhhh senangnya. Membayangkan berada di sebuah gedung dengan dekorasi yang indah sesuai konsep yang telah dirancang, menyaksikan ijab qobul sang mempelai pria, sungkeman dengan orangtua dan mertua, dimeriahkan dengan musik dan lagu romantis serta ucapan selamat dari tamu-tamu undangan yang datang silih berganti. Hayo, siapa yang nggak mau? Wkwkwk. Itulah gambaran pernikahan yang tak jarang dibayangkan olehku, kamu, dan mereka. Namun friends tahu nggak sih pernikahan itu apa?

Konklusi dari tanya jawab dengan beberapa temanku yang sebagian besar sudah menikah mengatakan bahwa pernikahan merupakan suatu ikatan suci melalui akad yang menyatukan dua keluarga yang berbeda dengan ridho Alloh SWT. untuk menyempurnakan sebagian  agama. Lalu, apa tujuan menikah? Rata-rata jawabannya yaitu untuk ibadah. Ok, itu memang jawaban yang tepat karena seperti yang pernah aku tulis dalam diary Muslim Rasa Mualaf untuk menjadikan ibadah atau menomorsatukan agama sebagai dasar membina rumah tangga supaya tahu mana yang harus dan tidak harus dilakukan sebagai pasangan suami istri.

Bagaimana denganku? Tentu dengan usia yang sebentar lagi akan memasuki ¼ abad maka akan semakin banyak pertanyaan ‘kapan nikah?’ yang singgah di telingaku ditambah lagi teman-temanku satu per satu mulai melepas masa lajangnya. Sebenarnya aku tidak terlalu mempermasalahkan pertanyaan dari orang lain, namun yang menjadi masalah besar yaitu ketika Mama berkata, “Kamu mau nikah kapan? Mumpung Mama sama Bapak masih sehat, masih ada umur.” Jleb. Aku paling tidak suka kalau Mama sudah berkata seperti itu.

Bagiku nikah itu bukan perlombaan yang dilakukan secara terburu-buru agar tidak didahului orang lain. Aku ingin menikah dengan hanya sekali seumur hidupku, langgeng sampai maut memisahkan.  Tentunya tidak sembarang membuat keputusan untuk menikah apalagi sampai terburu-buru. Aku membuat target menikah di usia 25 tahun yang tanpa sadar ada di tahun ini. Wow. Aku mau menikah tapi belum ada persiapan apa-apa. Perihal jodoh? Insha Alloh sudah tertulis di lauhul mahfudz.

Terkadang aku bertanya pada diri sendiri, apakah aku sudah pantas untuk menikah? Sifatku yang masih kekanak-kanakan, egois, gampang emosi, bahkan untuk memasak pun aku payah, aku masih jauh dari sifat dewasa. Sedangkan setelah menikah aku akan hidup dengan orang baru yang bukan hanya sehari-dua hari saja melainkan selamanya. Lalu jika Alloh SWT. Mengaruniakan seorang anak maka aku pun harus merawatnya dengan baik, dengan penuh kasih sayang. Bisakah aku melakukan semua itu? sedangkan untuk merawat diri sendiri pun masih belum maksimal. Beberapa orang pernah mengatakan bahwa sifat seseorang bisa berubah setelah menikah karena aktifitas sehari-hari yang mendorongnya menjadi lebih dewasa. Tapi benarkah begitu? Di saat aku menyaksikan sepasang suami istri yang bertengkar hebat serta seorang Ibu yang seakan kehilangan kesabaran karena ulah anaknya yang tak mau berhenti menangis. Si Ibu memarahi si anak yang terus menangis sambil sesekali mengatai si anak anulah, inilah, itulah yang sebenarnya tidak boleh dilakukan oleh seorang Ibu karena ditakutkan menjadi do’a untuk si anak. Hal tersebut membuatku takut dan ragu untuk menikah, takut tidak bisa menjadi istri dan ibu yang baik bagi keluargaku nanti.

Inilah alasan kenapa menikah itu perlu persiapan yang matang baik dari segi materil maupun moril. Untuk friends yang ingin segera menikah jangan lupa untuk mempersiapkan jodohnya terlebih dahulu. Kalau sudah ada ya Alhamdulillah, kalau belum silahkan minta sama Alloh SWT. Agar diberikan jodoh yang baik. Adapun tips memilih jodoh (calon imam) yang baik versi aku, yaitu:

·    Beragama; bukan hanya sekedar seiman melainkan memiliki ketaatan kepada Alloh SWT.   Minimal     tak pernah meninggalkan shalat wajib diawal waktu.

·  Penyayang dan santun; menyayangi orangtuanya, keluarganya, orangtuaku, dan     keluargaku.
·      
Tanggung jawab; berani berbuat berarti berani menanggung resiko. Orang yang   bertanggung jawab    biasanya memliki banyak perencanaan beserta antisipasi atas   impact yang akan terjadi dalam proses   realisasinya.
·        
4    Pekerja keras; mau berusaha, pintar memanfaatkan setiap peluang yang ada.

Itulah beberapa tips dalam memilih jodoh, khususnya calon imam secara garis besar versi aku. Tapi tetap yang namanya jodoh adalah cerminan diri. Jika friends ingin tahu seperti apa jodohnya kelak maka lihatlah diri sendiri karena jodohmu tak kan berbeda jauh darimu.

Selain jodoh, hal yang perlu dipersiapkan berikutnya adalah segi materil. Menurutku menggelar pesta pernikahan itu tak perlu mewah namun semampunya sehingga tak ada yang merasa diberatkan. Namun yang dimaksud materil di sini adalah kemampuan pasangan suami istri dalam memenuhi kebutuhan pasca menikah. Misalnya suami memiliki pekerjaan tetap atau tempat usaha sebagai sumber mata pencaharian. Seorang istri yang bekerja untuk menambah penghasilan keluarga, jika diperlukan. Eh by the way menurut friends lebih baik menjadi Ibu Rumah Tangga atau wanita karir? Ok, Insha Alloh kita bahas di Diary selanjutnya. Perihal materi bukan melulu soal mapan atau kaya raya namun kemampuan mencari rezeki yang halal yang mampu memberikan keberkahan dalam keluarga sehingga dengan rezeki yang halal insha Alloh dapat memenuhi kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.
Ada gula ada semut, ada materil ada moril yang tak kalah penting untuk dipersiapkan. Moril ini yang akan membantu mengendalikan perjalanan rumah tangga. Moril itu saudaranya moral yang identik dengan perbuatan, sikap, akhlak, kewajiban, budi pekerti, susila, dan sebagainya. Buat friends yang mau menikah (aku juga mau, doakan ya friends..) sangat perlu mempelajari atau melatih kedewasaan dalam bersikap karena bagiku hidup dengan orang baru itu tak mudah. Misalnya ketika pasanganmu tengah emosi apa yang harus kamu lakukan? Balas dengan emosi atau mencoba mengalah dulu sampai emosinya reda, setelah itu barulah komunikasi. Atau misalnya saat pacaran (bagi yang menjalankan) kalau marahan langsung minta putus, tapi bagaimana ketika sudah menikah? Masa iya langsung minta cerai. Ditambah lagi Alloh SWT menguji rumah tangga dengan lahirnya seorang anak yang mana butuh kesabaran dalam menjaga, merawat, dan mendidiknya. Saat anak tak mau makan, rewel, bandel, nggak mau Sekolah, perlulah melatih kesabaran untuk mengatasi itu semua. Begitu pun saat Alloh SWT menguji rumah tangga dengan menangguhkan kelahiran seorang anak ditambah lagi dengan komentar keluarga, teman, dan tetangga. Apa yang harus dilakukan? Tidak dengan mencari siapa yang salah melainkan dengan saling support, tetap berhusnudzan atas ketetapanNya, dan bermuhasabah diri. Mungkin itu hanya sebagian contoh kecilnya saja, sisanya bisa dirasakan oleh friends yang sudah menikah ya (maklum aku ‘kan belum dihalalkan, hehe).
Intinya sih kembali lagi pada tujuan awal menikah. Kalau tujuannya untuk ibadah Insha Alloh yang dicari hanyalah ridho Alloh SWT dan ridhonya suami. Sehingga disaat kita ingin marah kepada pasangan (suami) atas kesalahannya setidaknya kita bisa mengendalikan amarah itu dengan mengingatNya, ingat bahwa Alloh SWT tidak menyukai sifat pemarah dan ingat bahwa surganya istri ada pada suami. Saat mendapatkan ujian dalam keluarga dengan berupa masalah maka pasrahlah dengan mengingatNya bahwa semua itu adalah kehendakNya untuk meningkatkan level keimanan hambaNya sehingga bisa meminimalisir timbulnya pertengkaran. Saat kesal pada anak, ingatlah bahwa anak adalah titipan Alloh SWT yang harus dijaga, anak juga rezeki yang harus disyukuri,  anak juga merupakan ujian dari Alloh SWT sehingga kita bisa mengontrol emosi agar tidak sampai memarahi secara berlebihan apalagi sampai mengatai si anak bandel atau apapun itu yang kurang baik didengar karena ditakutkan menjadi do’a.
Sungguh sebenaranya aku merasa tak pantas dengan menuis diary kali ini karena memang aku belum menikah dan belum punya pengalaman dalam berumah tangga, aku hanya mengamati dan mempelajari dari apa yang kulihat di sekitarku. Mungkin diantara friends ada yang berkomentar bahwa mengurus rumah tangga itu tak mudah, tahan emosi ke anak yang rewel itu susah, atau apapun itu yang pasti diary ini bukan untuk mengajari atau menggurui, namun ini ku tulis hanya untuk mengingatkanku dan siapapun yang hendak menikah untuk selalu melibatkan Alloh SWT dalam segala hal. Jujur, aku ragu untuk menikah karena beberapa hal seperti yang ku jelaskan di atas. Aku takut tidak bisa menjadi istri dan ibu yang baik, namun sampai kapan aku harus menyimpan rasa takut dan ragu tersebut? bukankah dunia ini milik Alloh SWT? Dan Alloh SWT. memerintakan kepada hambaNya untuk segera menikah jika sudah mampu. Niatkanlah menikah untuk ibadah dan selalu libatkan Alloh SWT dalam setiap langkahnya. Tapi bagiku hal yang paling menakutkan dari menikah adalah ketika aku harus melepas diri dari kedua orangtuaku karena tanggung jawabnya beralih kepada suamiku kelak.. Aku hanya takut berlaku tidak adil terhadap orangtuaku. Mudah-mudahan Alloh SWT memberiku jodoh yang menyayangiku dan juga keluargaku, terutama orangtuaku. Aamiin.
Demikian diary ini ku tulis dengan penuh kebahagiaan, mohon maaf jika masih banyak kekurangan dan terdapat kesalahan. Semoga bermanfaat ya friends…
Akhirulkalam, wasslamu’alaikum…


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman lahiran normal anak pertama di Rumah Sakit

  Assa lamu’alaikum… Dear diary. Kali ini aku hanya ingin berbagi cerita tentang pengalaman melahirkan anak pertama di rumah sakit dengan harapan ada manfaat yang bisa diambil dari pengalaman pertamaku ini. Kenapa Rumah Sakit? Sebelum memilih rumah sakit, aku mengunjungi bidan terlebih dahulu untuk memastikan di dalam rahimku ada calon bayi setelah kuyakin dengan benar test pack  yang kupakai bergaris dua, tapi di sana aku tidak mendapatkan apa-apa selain hasil tensi darah bahkan bu bidan tak menyentuh perutku sama sekali karena alasan usia kandunganku terbilang masih sangat muda, “belum kepegang” begitu katanya. Dia juga bilang bisa saja aku menstruasi lagi dan menyarankan untuk berkunjung lagi bulan depan. Kondisiku makin hari makin nggak karuan. Aku mulai merasakan pusing, mual, muntah hingga badan terasa lemas. Tak tahan rasanya jika harus menunggu hingga bulan depan. Kuputuskan untuk periksa ke dokter saja sekalian USG dan siapa tahu dikasih vitamin atau obat pereda rasa mual. Seb

Awal Mula Terkena Eye Floaters

  Eye Floaters Itu Apa Sih? Assa lamuálaykum , Diaris. Alhamdulillah aku udah nulis lagi sekarang. Mudah-mudahan bisa istiqomah  seperti janjiku dari dulu. Beberapa bulan lalu aku sempat vakum nulis di Blog. Bukan karena malas atau kena writer’s block, tetapi ada sedikit masalah dengan kesehatan mataku, ditambah lagi aktivitas sehari-hariku sebagai ibu rumah tangga yang cukup padat, anakku lagi fase aktif-aktifnya, serba ingin eksplor sana-sini. Sok sibuk banget deh aku pokoknya. Hehehe. Bicara tentang kesehatan mata yang menjadi alasanku vakum nulis di Blog. Aku lupa persisnya. Kalau nggak salah sekitar Bulan Juli 2022. Awalnya aku merasakan ada yang aneh dengan mataku yang sebelah kiri. Setelah kucari tahu dari berbagai sumber ternyata mataku yang sebelah kiri menderita Eye Floaters . Berdasarkan informasi yang kudapat dari laman alodokter, floaters adalah bayangan berbentuk bintik atau garis yang tampak mengambang atau melayang-layang pada penglihatan. Floaters sering terjadi dan um

Review BREYLEE BLACKHEAD MASK STEP 1 : Jagonya angkat komedo

Bismillaahirrahmaanirrahiim Hai dears, tampil cantik selalu menjadi salah satu keinginan seorang perempuan walaupun cantik itu relative yang artinya setiap perempuan memiliki standar kecantikan yang berbeda tentunya. So, menurutku kecantikan seorang perempuan itu tak bisa disamaratakan ya. Dikarenakan wajah menjadi salah satu parameter kecantikan seorang perempuan sehingga   wajah yang good looking selalu diidamkan setiap perempuan. Tak harus seperti artis Korea yang shining, shimmering, splendid, and glowing , tapi bersih dari jerawat dan komedo pun sudah sangat disyukuri seperti aku yang dari dulu selalu menginginkan wajah yang bersih dari komedo di area hidung yang agak mengganggu, hehehe. Tak sedikit produk skincare penghilang komedo yang berseliweran di iklan telah kucoba, mulai dari bentuk krim, sabun, dan berupa kertas pernah kucoba, tapi hasilnya   kurang memuaskan karena komedo tak terangkat tuntas terutama komedo yang sudah mulai menghitam, curiga takutnya jadi fosi