Langsung ke konten utama

Tips Lancar Lahiran Normal Versi Diary Ukhti

 


Assalamu’alaikum.

Dear diary. Benar nggak sih janin itu cerdas? katanya bisa memilih proses persalinan yang dia inginkan, hehehe. Meski begitu, proses persalinan biasanya ditentukan oleh kondisi janin apakah bisa pervaginam (normal) atau Sectio Caesarea (SC).

Mayoritas calon ibu biasanya menginginkan persalinan pervaginam karena prosesnya yang natural, pemulihannya lebih cepat, bisa dilakukan di pelayanan kesehatan terdekat dan tentunya tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Berbeda dengan caesar yang katanya membutuhkan waktu recovery yang lebih lama, biaya yang tidak sedikit (sebagian bisa cover BPJS), serta hanya bisa dilakukan di Rumah Sakit. Persalinan caesar biasanya menjadi opsi ketika terjadi komplikasi pada janin, misalnya berat badan bayi yang terlalu besar, posisi janin yang kurang optimal, dan sebagainya, tetapi ada juga calon ibu yang memilih caesar karena kehendak sendiri dengan beragam alasan yang menyertai.

Bagiku persalinan pervaginam memang terjadi secara alami, natural, tapi bukan berarti tanpa diupayakan. Tidak sedikit calon ibu berupaya dengan memilih induksi buatan agar bisa menjalani persalinan pervaginam, meski rasanya kurang nyaman dan belum tentu berhasil. Banyak kudengar cerita para calon ibu yang berujung caesar setelah melalui induksi buatan. Di diary kali ini aku ingin sedikit berbagi tentang upaya apa saja yang kulakukan selama hamil agar bisa persalinan pervaginam serta bayi lahir dengan sehat dan selamat. Dibawah ini beberapa tips yang mungkin bisa dipraktekan oleh para calon ibu baru ya dears.

Menjaga pola makan

Selama hamil usahakan untuk menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung nutrisimyang dibutuhkan calon ibu dan janin. Sebenarnya tak ada banyak larangan makanan untuk ibu hamil selain  nanas, durian, dan makanan mentah, tetapi alangkah baiknya ibu hamil lebih banyak mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran, buah-buahan, daging, dan sebagainya. Kurangi makan-makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung ya dears.

Konsumsi air putih

Memngonsumsi air putih memang banyak manfaatnya salah satunya untuk menghidrasi tubuh dengan anjuran minum delapan gelas sehari apalagi ibu hamil yang memerlukan banyak asupan cairan karena harus berbagi dengan janin. Kekurangan cairan selama hamil juga bisa menyebabkan sembelit seperti yang pernah kualami di trimester pertama. Memang benar penyebab sembelit saat hamil berasal dari rangsangan hormon, tetapi jika disertai dengan kurang asupan cairan bukankah sembelitnya akan semakin parah?

Selain itu, konsumsi air putih selama hamil berpengaruh pada kwalitas air ketuban. Selama hamil kuusahakan untuk minum air putih sebanyak tiga liter sehari meski efeknya harus bolak-balik kamar mandi, tetapi alhamdulillah air ketubanku aman hingga proses persalinan. Oh iya, konsumsi air putih juga bisa mencegah ibu hamil dari yang namanya sakit kepala. Ups.. berlaku juga bagi yang bukan ibu hamil ya dears, hehehe.

Konsumsi vitamin dan susu hamil

Sebenarnya nggak wajib jika asupan nutrisi ibu hamil tercukupi dari makanan yang dikonsumsi, khususnya nutrisi untuk kesehatan janin. Berhubung aku ragu dengan jumlah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh makanya aku memilih untuk rajin konsumsi vitamin yang diresepkan oleh dokter obgyn dan rutin minum susu hamil untuk menambah asam folat serta vitamin-vitamin lain yang dibutuhkan janin, terutama vitamin penambah darah karena aku punya riwayat darah rendah.

Tinggi rendahnya kadar hemoglobin dalam darah saat hamil dapat memicu komplikasi pada janin. Jadi, usahakan untuk selalu normal ya dears.

Olahraga

Sejak usia kandungan masuk 28 minggu aku mulai rutin olahraga yaitu senam hamil pastinya. Berhubung suasana masih pandemi, aku memilih untuk senam hamil di rumah dengan media youtube. Aku punya rekomendasi salah satu kanal youtube milik seorang bidan bernama Bidan  Kriwil. Senam hamil yang kuikuti adalah prenatal yoga dan senam kegel. Selain itu, aku juga belajar teknik pernapasan untuk ibu hamil yang ternyata beragam jenisnya sesuai kebutuhan.

Semuanya bermanfaat untukku dalam upaya mengoptimalkan posisi bayi serta mengontrol diri saat menghadapi kontraksi. Oh iya senam hamil memiliki tahapan yang beragam sesuai dengan usia kandungan. So, jangan sampai salah pilih ya karena bisa berpengaruh pada kondisi janin. Biasanya aku senam hamil selama 30 menit setiap pagi. Mulai dari warming-up hingga cooling-down.

Sebenarnya senam hamil nggak wajib juga sih, yang penting ibu hamil harus beraktivitas, jangan terlalu banyak rebahan, hehehe. Bisa juga dengan melakukan aktivitas rutin seperti ngepel jongkok, nyapu, dsb, asal jangan yang berat-berat, atau bisa dengan rutin jalan kaki pagi dan sore hari, serta perbanyak sujud (misalnya 15 menit) diluar gerakan shalat ya dears.

Baca juga : Pengalaman lahiran normal anak pertama di Rumah Sakit

Afirmasi positif

Afirmasi positif yaitu selalu menerapkan pernyataan-pernyataan serta pikiran-pikiran positif guna mencegah stres dan ini cukup berpengaruh untukku terutama saat aku down karena kehilangan Mama di detik-detik menjelang persalinan. Selama hamil pikiranku sering negatif, penuh ketakutan, takut bayiku ini dan itu. Afirmasi positif berhasil memberikan energi yang positif untukku dan bayiku. Setiap pagi dan menjelang tidur aku selalu mengatakan kepada bayiku bahwa kamu akan lahir dengan sehat, selamat dan menangis dengan kencang.

Sering-seringlah ajak bicara janin seolah sedang bertatap muka dengannya, ceritakan hal positif padanya karena janin itu cerdas mampu mendengar dan merespon. Hal itu pun bisa menjadi bentuk afirmasi positif bagi calon ibu atau bisa juga dengan melakukan hypnobirthing. Intinya hindari stres ya dears.

Itulah beberapa rutinitas yang aku lakukan selama masa kehamilan sehingga aku bisa melahirkan normal dengan bayi yang sehat dan selamat, alhamdulillaah. Selain rutinitas di atas, aku juga selalu rutin mengajak bayiku membaca kalam Alloh Swt. khususnya surah Yusuf dan Maryam sambil berharap kepada Alloh Swt. agar dianugerahi keturunan yang saleh dan saleha juga dimudahkan dalam proses persalinan karena bagaimanapun juga kita hanya bisa berupaya, hasilnya biar Alloh Swt. yang menentukan. Ok dears mudah-mudahan diary kali ini bisa memberi manfaat ya.

Akhirulkalam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman lahiran normal anak pertama di Rumah Sakit

  Assa lamu’alaikum… Dear diary. Kali ini aku hanya ingin berbagi cerita tentang pengalaman melahirkan anak pertama di rumah sakit dengan harapan ada manfaat yang bisa diambil dari pengalaman pertamaku ini. Kenapa Rumah Sakit? Sebelum memilih rumah sakit, aku mengunjungi bidan terlebih dahulu untuk memastikan di dalam rahimku ada calon bayi setelah kuyakin dengan benar test pack  yang kupakai bergaris dua, tapi di sana aku tidak mendapatkan apa-apa selain hasil tensi darah bahkan bu bidan tak menyentuh perutku sama sekali karena alasan usia kandunganku terbilang masih sangat muda, “belum kepegang” begitu katanya. Dia juga bilang bisa saja aku menstruasi lagi dan menyarankan untuk berkunjung lagi bulan depan. Kondisiku makin hari makin nggak karuan. Aku mulai merasakan pusing, mual, muntah hingga badan terasa lemas. Tak tahan rasanya jika harus menunggu hingga bulan depan. Kuputuskan untuk periksa ke dokter saja sekalian USG dan siapa tahu dikasih vitamin atau obat pereda rasa mual. Seb

Awal Mula Terkena Eye Floaters

  Eye Floaters Itu Apa Sih? Assa lamu├ílaykum , Diaris. Alhamdulillah aku udah nulis lagi sekarang. Mudah-mudahan bisa istiqomah  seperti janjiku dari dulu. Beberapa bulan lalu aku sempat vakum nulis di Blog. Bukan karena malas atau kena writer’s block, tetapi ada sedikit masalah dengan kesehatan mataku, ditambah lagi aktivitas sehari-hariku sebagai ibu rumah tangga yang cukup padat, anakku lagi fase aktif-aktifnya, serba ingin eksplor sana-sini. Sok sibuk banget deh aku pokoknya. Hehehe. Bicara tentang kesehatan mata yang menjadi alasanku vakum nulis di Blog. Aku lupa persisnya. Kalau nggak salah sekitar Bulan Juli 2022. Awalnya aku merasakan ada yang aneh dengan mataku yang sebelah kiri. Setelah kucari tahu dari berbagai sumber ternyata mataku yang sebelah kiri menderita Eye Floaters . Berdasarkan informasi yang kudapat dari laman alodokter, floaters adalah bayangan berbentuk bintik atau garis yang tampak mengambang atau melayang-layang pada penglihatan. Floaters sering terjadi dan um

Review BREYLEE BLACKHEAD MASK STEP 1 : Jagonya angkat komedo

Bismillaahirrahmaanirrahiim Hai dears, tampil cantik selalu menjadi salah satu keinginan seorang perempuan walaupun cantik itu relative yang artinya setiap perempuan memiliki standar kecantikan yang berbeda tentunya. So, menurutku kecantikan seorang perempuan itu tak bisa disamaratakan ya. Dikarenakan wajah menjadi salah satu parameter kecantikan seorang perempuan sehingga   wajah yang good looking selalu diidamkan setiap perempuan. Tak harus seperti artis Korea yang shining, shimmering, splendid, and glowing , tapi bersih dari jerawat dan komedo pun sudah sangat disyukuri seperti aku yang dari dulu selalu menginginkan wajah yang bersih dari komedo di area hidung yang agak mengganggu, hehehe. Tak sedikit produk skincare penghilang komedo yang berseliweran di iklan telah kucoba, mulai dari bentuk krim, sabun, dan berupa kertas pernah kucoba, tapi hasilnya   kurang memuaskan karena komedo tak terangkat tuntas terutama komedo yang sudah mulai menghitam, curiga takutnya jadi fosi