Langsung ke konten utama

6 Hal yang dirasakan di trimester pertama kehamilan



Assalamu├ílaikum……

Salah satu kebahagiaan yang melengkapi setiap pasangan suami istri adalah ketika Allah Swt. menganugerahkan amanah dalam rahim sang istri seperti yang tengah keluarga kecilku rasakan saat ini. Diusia pernikahan yang baru genap lima bulan, Allah Swt memberikan amanah yang kini berusia empat belas minggu atau tiga bulan lebih dua minggu.

Rasa syukur tak henti kami ucapkan atas anugerah yang telah membuatku menangis haru di kamar mandi saat melihat dua garis merah yang terpampang di testpack ketiga dibulan ketiga pernikahan.

Bahagia tentu kami rasakan karena kami akan memiliki anak, tapi rasa takut pun tak ketinggalan berlalu-lalang dalam benak, takut tak bisa menjaga amanahNya dengan baik. Namun, aku selalu yakin bahwa Allah Swt tidak mungkin menguji seorang hamba diluar batas kemampuannya karena sejatinya segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah ujian, termasuk pernikahan dan kehamilan, sebagaimana dalam firman Allah Swt Q.S. Al-Araf ayat 168 yang artinya :

Dan Kami uji mereka dengan (nikmat) yang baik-baik dan (bencana) yang buruk-buruk, agar mereka kembali (kepada kebenaran).”

Minggu ini adalah minggu terakhir untuk trimester pertama kehamilanku. Selama menjalani kehamilan di trimester pertama, banyak hal-hal yang dirasakan oleh badanku, diantaranya :

 

1. Perubahan pada payudara

Perubahan bentuk payudara yang membesar disertai rasa sakit memang bukan kali pertama dirasakan. Setiap bulan saat haid pun aku sering merasakan hal tersebut. Namun, kali ini ada yang sedikit berbeda, tidak hanya sakit dan membesar, warna puting menjadi gelap dan ukurannya pun ikut membesar yang baru pertama kali aku alami, hal tersebut pula yang menjadi penggerak hati untuk melakukan testpack dan hasilnya dua garis merah padahal saat itu belum telat datang bulan yang selalu dijadikan sebagai indikator kehamilan oleh banyak perempuan.

 

2. Sembelit

Sembelit aku alami di trimester pertama ini. Jadwal buang air besar yang biasanya setiap hari kini sedikit terlambat. Pernah sampai tujuh hari bahkan hingga sebelas hari, kebayang kan bagaimana rasanya? Hehehe, tapi tak apa itu merupakan salah satu kenikmatan dan alhamdulillah hanya terjadi di bulan-bulan awal kehamilan. Berdasarkan informasi yang kudapat dari Alodokter.com, sembelit yang terjadi pada ibu hamil salah satunya disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron yang memengaruhi relaksasi otot, sehingga memperlambat gerakan usus. Hal ini membuat proses pencernaan makanan menjadi lebih lama. Konsumsi air putih, buah dan sayur menjadi salah satu solusinya.

 

3. Produksi air liur yang berlebih

Produksi air liur yang berlebih ditambah lagi mulut yang sering terasa pahit membuat aku kesulitan dalam mengonsumsi air putih karena setiap kali minum, air putih terasa pahit dan air liur seolah bertambah banyak memicu datangnya rasa mual bahkan sampai muntah. Hal tersebut mungkin menjadi salah satu pemicu sembelit karena aku jadi kurang mengonsumsi air putih.

 

4. Meriang

Pada kehamilan trimester awal, tepatnya ketika masuk bulan kedua, badan sering merasa kedinginan seperti orang yang sedang mengalami meriang, tapi tanpa demam. Meriang tanpa demam ini bisa terjadi di pagi, siang atau malam yang tak jarang mengganggu akhtivitas sehari-hari.

 

5. Mual dan muntah

Ini yang mungkin paling sering dialami oleh para wanita hamil saat berada di trimester pertama walaupun tak sedikit pula wanita hamil yang mungkin tidak mengalaminya. Mual dan muntah biasanya dialami oleh wanita hamil yang memang memiliki riwayat asam lambung tinggi sebelum hamil.

 

6. Tubuh mudah lelah

Tubuh terasa mudah lelah sehingga membuat aktivitas sedikit diminimalisasi. Berdasarkan informasi yang didapat dari halodoc.com, rasa mudah lelah ini dipicu oleh adanya perubahan hormon pada tubuh wanita hamil. Hal tersebut bisa disiasati dengan istirahat dan tidur yang cukup, minum vitamin, konsumsi air putih dan makanan sehat.

 

Itulah enam hal yang kurasakan selama di trimester pertama kehamilan. Mungkin diantara teman-teman ada yang merasakan hal yang sama atau bahkan merasakan hal berbeda?. Apapun yang kita rasakan pada masa kehamilan, semuanya adalah kenikmatan yang langka kita rasakan dan patut disyukuri disetiap momennya karena kita tidak tahu kapan lagi akan merasakannya.

Ok dears, sekian diary kali ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi teman-teman yang bersedia membaca dari awal hingga akhir.

Akhirulkalam….

 

Komentar

  1. ikut nyimak, dan ngangsu ilmunya, mbk, hehe. oh iya, selamat ya untuk kehamilannya. semoga ibu dan debay sehat2 selalu dan diberikan kemudahan dalam segala hal, amin amin amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya Alloh, do'a terbaik kembali untuk mbak sekeluarga..­čśç

      Hapus
  2. Walaupun aku belum pernah merasakan, ini bakal jadi mu untuk di masa depan. Dan rata-rata temanku yang hamil pun merasakan hal yang serupa, terutama soal mual

    BalasHapus
  3. Selamat ya..Mbak, semoga sehat selalu dapat mengatasi segala cobaan kehamilan... Saya yakin karena senang semua jadi terasa ringan.

    BalasHapus
  4. Yang saya rasakan dulu cuma mual tapi ngga sampai muntah...saya tiduran sebentar trus mualnya ilang...di bulan pertama dulu malah dapat tugas kantor keliling Jawa timur.. jadi setengah cemas gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya punya asam lambung yg kurang bagus mbak, jadinya agak parah sampai muntah..

      Hapus
  5. Alhamdulillah, selamat ya say, semoga lancar kehamilannya, sehat ibu dan dedek bayi, saat hamil dulu aku jarang mual jadinya bisa ngebut nulis buat tabungan naskah sebelum lahiran hihihi

    BalasHapus
  6. jadi inget pas dulu hamil. Aku tim saliva berlebih, kemana2 bawa handuk mulu karena bawaannya mual pengen ngeludah terus.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman lahiran normal anak pertama di Rumah Sakit

  Assa lamu’alaikum… Dear diary. Kali ini aku hanya ingin berbagi cerita tentang pengalaman melahirkan anak pertama di rumah sakit dengan harapan ada manfaat yang bisa diambil dari pengalaman pertamaku ini. Kenapa Rumah Sakit? Sebelum memilih rumah sakit, aku mengunjungi bidan terlebih dahulu untuk memastikan di dalam rahimku ada calon bayi setelah kuyakin dengan benar test pack  yang kupakai bergaris dua, tapi di sana aku tidak mendapatkan apa-apa selain hasil tensi darah bahkan bu bidan tak menyentuh perutku sama sekali karena alasan usia kandunganku terbilang masih sangat muda, “belum kepegang” begitu katanya. Dia juga bilang bisa saja aku menstruasi lagi dan menyarankan untuk berkunjung lagi bulan depan. Kondisiku makin hari makin nggak karuan. Aku mulai merasakan pusing, mual, muntah hingga badan terasa lemas. Tak tahan rasanya jika harus menunggu hingga bulan depan. Kuputuskan untuk periksa ke dokter saja sekalian USG dan siapa tahu dikasih vitamin atau obat pereda rasa mual. Seb

Awal Mula Terkena Eye Floaters

  Eye Floaters Itu Apa Sih? Assa lamu├ílaykum , Diaris. Alhamdulillah aku udah nulis lagi sekarang. Mudah-mudahan bisa istiqomah  seperti janjiku dari dulu. Beberapa bulan lalu aku sempat vakum nulis di Blog. Bukan karena malas atau kena writer’s block, tetapi ada sedikit masalah dengan kesehatan mataku, ditambah lagi aktivitas sehari-hariku sebagai ibu rumah tangga yang cukup padat, anakku lagi fase aktif-aktifnya, serba ingin eksplor sana-sini. Sok sibuk banget deh aku pokoknya. Hehehe. Bicara tentang kesehatan mata yang menjadi alasanku vakum nulis di Blog. Aku lupa persisnya. Kalau nggak salah sekitar Bulan Juli 2022. Awalnya aku merasakan ada yang aneh dengan mataku yang sebelah kiri. Setelah kucari tahu dari berbagai sumber ternyata mataku yang sebelah kiri menderita Eye Floaters . Berdasarkan informasi yang kudapat dari laman alodokter, floaters adalah bayangan berbentuk bintik atau garis yang tampak mengambang atau melayang-layang pada penglihatan. Floaters sering terjadi dan um

Review BREYLEE BLACKHEAD MASK STEP 1 : Jagonya angkat komedo

Bismillaahirrahmaanirrahiim Hai dears, tampil cantik selalu menjadi salah satu keinginan seorang perempuan walaupun cantik itu relative yang artinya setiap perempuan memiliki standar kecantikan yang berbeda tentunya. So, menurutku kecantikan seorang perempuan itu tak bisa disamaratakan ya. Dikarenakan wajah menjadi salah satu parameter kecantikan seorang perempuan sehingga   wajah yang good looking selalu diidamkan setiap perempuan. Tak harus seperti artis Korea yang shining, shimmering, splendid, and glowing , tapi bersih dari jerawat dan komedo pun sudah sangat disyukuri seperti aku yang dari dulu selalu menginginkan wajah yang bersih dari komedo di area hidung yang agak mengganggu, hehehe. Tak sedikit produk skincare penghilang komedo yang berseliweran di iklan telah kucoba, mulai dari bentuk krim, sabun, dan berupa kertas pernah kucoba, tapi hasilnya   kurang memuaskan karena komedo tak terangkat tuntas terutama komedo yang sudah mulai menghitam, curiga takutnya jadi fosi