Langsung ke konten utama

5 Benda yang Harus Dibawa Saat Bepergian

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Masih dengan suasana sendu karena Covid-19 yang belum juga usai. Eskalasi pasien positif selalu menjadi trending setiap harinya. Kapan akan berakhir? Entahlah, yang kulakukan sebagai warga negara hanyalah berdo’a dan membantu mengupayakan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan cara-cara yang tak perlu lagi kujabarkan di sini. Dan lagi aku tak mau menghitung ini hari ke berapa dalam masa PSBB, yang kuinginkan hanyalah waktu segera berlalu dan keadaan segera membaik.

Meski terdampak PSBB yang mengharuskan tinggal di rumah, tapi sesekali tetap perlu keluar untuk sekedar membeli persediaan makanan atau mungkin untuk kerja bagi yang memang tak bisa work from home. Terlepas dari ada dan tidaknya aturan PSBB, aku ingin mengingatkan sahabat-sahabat readers jika hendak bepergian, entah pergi untuk belanja, hang out, kerja, dan sebagainya, jangan lupa untuk membawa beberapa benda penting yang mana aku pun selalu membawanya saat bepergian. Berikut adalah lima benda yang harus dibawa saat bepergian yaitu :

1.      Dompet

Seperti yang kita ketahui bahwa dompet merupakan salah satu benda krusial jika dilihat dari fungsinya sebagai tempat bersemayamnya pundi-pundi. Selain uang, dompet juga sebagai tempat tinggal dari benda penting lainnya, seperti kartu identitas diri, kartu debit atau kredit, serta uang elektronik yang semuanya digunakan sebagai alternative jika uang cash tidak mencukupi untuk bertransaksi.

2.      Handphone

Benda yang satu ini sudah menjadi benda yang fenomenal saat ini yang dimiliki oleh mayoritas penduduk bumi. Fiturnya yang selalu diupgrade dari masa ke masa, mulai dari fitur finansial yang dapat digunakan sebagai media bertransaksi, ragam informasi yang bisa diperoleh baik informasi terkini maupun yang sudah lalu, sebagai alat komunikasi yang merupakan fungsi utamanya, memudahkan pengguna dalam memesan transportasi online, sebagai media entertain bahkan bisa juga menghasilkan uang dengan adanya fitur-fitur online shop, dan masih banyak lagi benefit yang berhasil memanjakan serta memberi efek ketergantungan kepada setiap penggunanya.

3.      Perlengkapan Shalat

Tak kalah penting dengan dua benda sebelumnya, perlengkapan shalat harus dibawa saat bepergian, terutama perempuan. Sebenarnya pada saat shalat, perempuan tidak diharuskan memakai mukena, tetapi diwajibkan untuk menutup aurat secara menyeluruh dan mengenakan pakaian yang bersih. Ups, kewajiban seorang perempuan dalam menutup aurat tidak hanya pada saat shalat saja melainkan setiap waktu. Mukena bisa dijadikan sebagai penutup aurat saat melaksanakan shalat meski bisa juga hanya dengan menggunakan gamis atau pakaian penutup aurat lainnya. Namun, rata-rata orang Indonesia merasa kurang afdhol jika shalat tidak memakai mukena (bener nggak tuh? Kalau salah, silakan dikoreksi).

Saat ini tak sedikit tempat yang menyediakan fasilitas ibadah, tapi tak sedikit pula yang menyediakan perlengkapan shalat yang memadai. Masih banyak ditemui mushala yang tidak memiliki perlengkapan shalat. Sekalipun ada, jumlahnya yang tak banyak menyebabkan antrean panjang dan cukup menghabiskan waktu, serta ada pula yang sdah lauak pakai sehingga dapat mengurangi kekhusyukan dalam beribadah. Tak pantas rasanya berpakaian tak layak saat menemui Sang Pencipta.. So, inilah alasan perlengkapan shalat harus dibawa saat bepergian, jangan sampai hal tersebut menjadi penghambat untuk melaksanakan shalat ya. Sekarang kan banyak mukena travel bahan parasut yang friendly, pas di tas.

4.      Payung

Fungsi payung adalah sebagai pelindung dari percikan air hujan. Payung biasanya dibawa saat musim hujan tiba. Namun, “sedia payung sebelum hujan” ditambah lagi dengan kondisi saat ini yang mana cuaca seolah sulit diprediksi sehingga payung harus selalu dibawa ketika bepergian, terutama bagi pengguna transportasi umum, tanpa terkecuali dengan para pengguna transportasi pribadi.

5.      Hand Sanitizer

Antiseptik dalam bentuk cairan atau gel berbahan dasar alkohol yang biasa digunakan sebagai alternative untuk membersihkan tangan dari kotoran/ kuman/ bakteri, tetapi tidak efektif dalam membunuh virus. Sebaiknya gunakan benda ini dalam kondisi darurat saja karena tidak bagus untuk kulit jika menggunakannya terlalu sering.

Ok, itulah lima benda yang harus ada di dalam tasmu saat bepergian. Mungkin beberapa sahabat readers punya versi lain, silakan di share ya. Semoga bermanfaat.

Akhirulkalam.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Pertama dan Terakhir Operasi Usus Buntu

Assalamu’alaikum Innalillahi wa innailaihiroji’uun, aku baru saja mendapat kabar duka bahwa mantan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas tempat aku kuliah dulu meninggal dunia karena radang usus buntu. Sebenarnya bukan karena radang usus buntu sih tapi karena memang sudah takdirnya hanya saja jalannya seperti itu, semoga amal ibadah beliau diterima oleh Alloh. Aamiin. Bicara soal radang usus buntu, kalian semua pernah bahkan mungkin sering denger jenis penyakit apa radang usus buntu itu? Apa penyebabnya? Dan bagaimana cara mencegah atau mengobatinya? Di tulisan ini aku ingin berbagi pengalaman pribadiku melawan radang usus buntu. Usus buntu atau sering disebut apendiks   merupakan satu organ yang berbentuk kantong kecil dan tipis yang berukuran 5 sampai 10 cm yang terhubung pada usus besar. Seperti organ tubuh lainnya, usus buntu juga memiliki fungsi yaitu sebagai antibodi. Organ ini berperan aktif dalam sekresi immunoglobulin (senyawa yang menghasilkan protein yang berguna u

Cara Bersyukur dengan Membudayakan Hidup Minimalis

Bismillaahirrahmaanirraahiim Aku nggak tahu ini hari ke berapa aku berdiam diri di kamar kost. Jujur, aku sedikit terganggu dengan keadaan yang tak jarang membuat uring-uringan, tapi apalah daya aku nggak bisa apa-apa selain berusaha menikmati keadaan yang terjadi saat ini efek PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) sebagai upaya meminimalisir penyebaran COVID-19. Meski dasarnya aku anak rumahan, tapi bukan berarti aku tak masalah dengan kondisi saat ini. Akhir-akhir ini aku mulai merindukan aktivitas hiburan di luar, seperti nongkrong sambil makan bareng teman, hunting di toko buku sambil menghirup aroma khas buku baru, nonton bioskop, jalan-jalan ke tempat hiburn, dan sebagainya. Dalam masa PSBB ini sesekali aku keluar hanya untuk kerja dua atau tiga hari dalam seminggu, menjemur pakaian sambil menjemur diri, ke super market, dan buang sampah, selebihnya aku hanya di kamar kost dengan aktivitas yang kuusahakan bermanfaat. Tadi pagi dengan sengaja aku membuka akun Instagra

Cara Bersyukur dengan Maskeran : REVIEW MASKER BERAS BYVAZO

Assalamu'alaikum ... Kalau gabut, kalian ngapain sih? Baca buku? Nulis? Streaming nonton film? Atau menelusuri sosmed seharian, tapi kalau ini sih tak perlu nunggu gabut karena mayoritas manusia saat ini lebih banyak menghabiskan waktunya di sosmed. Tak heran jika di era ini sosmed menjadi salah satu media yang digandrungi oleh banyak orang, termasuk aku karena dengan berjelajah di sosmed ragam informasi bisa didapatkan dengan mudah, tak kalah saing dengan televisi. Bagiku sosmed malah lebih menarik dengan tayangan-tayangan yang variatif dan informatif dibandingkan televisi yang mana akhir-akhir ini lebih didominasi oleh tayangan-tayangan dengan tingkat edukasi yang minim, misalnya sinetron-sinetron remaja yang lebih menunjukan kisah percintaan, baper-baperan, dan kekerasan/perkelahian. Ok, friends. Sebenarnya bukan sosmed atau televisi yang akan dibahas kali ini, melainkan aku mau nyoba riview satu produk kecantikan. Terus korelasinya dengan sosmed apa?. Tentu ada, kare