Langsung ke konten utama

5 Benda yang Harus Dibawa Saat Bepergian

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Masih dengan suasana sendu karena Covid-19 yang belum juga usai. Eskalasi pasien positif selalu menjadi trending setiap harinya. Kapan akan berakhir? Entahlah, yang kulakukan sebagai warga negara hanyalah berdo’a dan membantu mengupayakan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan cara-cara yang tak perlu lagi kujabarkan di sini. Dan lagi aku tak mau menghitung ini hari ke berapa dalam masa PSBB, yang kuinginkan hanyalah waktu segera berlalu dan keadaan segera membaik.

Meski terdampak PSBB yang mengharuskan tinggal di rumah, tapi sesekali tetap perlu keluar untuk sekedar membeli persediaan makanan atau mungkin untuk kerja bagi yang memang tak bisa work from home. Terlepas dari ada dan tidaknya aturan PSBB, aku ingin mengingatkan sahabat-sahabat readers jika hendak bepergian, entah pergi untuk belanja, hang out, kerja, dan sebagainya, jangan lupa untuk membawa beberapa benda penting yang mana aku pun selalu membawanya saat bepergian. Berikut adalah lima benda yang harus dibawa saat bepergian yaitu :

1.      Dompet

Seperti yang kita ketahui bahwa dompet merupakan salah satu benda krusial jika dilihat dari fungsinya sebagai tempat bersemayamnya pundi-pundi. Selain uang, dompet juga sebagai tempat tinggal dari benda penting lainnya, seperti kartu identitas diri, kartu debit atau kredit, serta uang elektronik yang semuanya digunakan sebagai alternative jika uang cash tidak mencukupi untuk bertransaksi.

2.      Handphone

Benda yang satu ini sudah menjadi benda yang fenomenal saat ini yang dimiliki oleh mayoritas penduduk bumi. Fiturnya yang selalu diupgrade dari masa ke masa, mulai dari fitur finansial yang dapat digunakan sebagai media bertransaksi, ragam informasi yang bisa diperoleh baik informasi terkini maupun yang sudah lalu, sebagai alat komunikasi yang merupakan fungsi utamanya, memudahkan pengguna dalam memesan transportasi online, sebagai media entertain bahkan bisa juga menghasilkan uang dengan adanya fitur-fitur online shop, dan masih banyak lagi benefit yang berhasil memanjakan serta memberi efek ketergantungan kepada setiap penggunanya.

3.      Perlengkapan Shalat

Tak kalah penting dengan dua benda sebelumnya, perlengkapan shalat harus dibawa saat bepergian, terutama perempuan. Sebenarnya pada saat shalat, perempuan tidak diharuskan memakai mukena, tetapi diwajibkan untuk menutup aurat secara menyeluruh dan mengenakan pakaian yang bersih. Ups, kewajiban seorang perempuan dalam menutup aurat tidak hanya pada saat shalat saja melainkan setiap waktu. Mukena bisa dijadikan sebagai penutup aurat saat melaksanakan shalat meski bisa juga hanya dengan menggunakan gamis atau pakaian penutup aurat lainnya. Namun, rata-rata orang Indonesia merasa kurang afdhol jika shalat tidak memakai mukena (bener nggak tuh? Kalau salah, silakan dikoreksi).

Saat ini tak sedikit tempat yang menyediakan fasilitas ibadah, tapi tak sedikit pula yang menyediakan perlengkapan shalat yang memadai. Masih banyak ditemui mushala yang tidak memiliki perlengkapan shalat. Sekalipun ada, jumlahnya yang tak banyak menyebabkan antrean panjang dan cukup menghabiskan waktu, serta ada pula yang sdah lauak pakai sehingga dapat mengurangi kekhusyukan dalam beribadah. Tak pantas rasanya berpakaian tak layak saat menemui Sang Pencipta.. So, inilah alasan perlengkapan shalat harus dibawa saat bepergian, jangan sampai hal tersebut menjadi penghambat untuk melaksanakan shalat ya. Sekarang kan banyak mukena travel bahan parasut yang friendly, pas di tas.

4.      Payung

Fungsi payung adalah sebagai pelindung dari percikan air hujan. Payung biasanya dibawa saat musim hujan tiba. Namun, “sedia payung sebelum hujan” ditambah lagi dengan kondisi saat ini yang mana cuaca seolah sulit diprediksi sehingga payung harus selalu dibawa ketika bepergian, terutama bagi pengguna transportasi umum, tanpa terkecuali dengan para pengguna transportasi pribadi.

5.      Hand Sanitizer

Antiseptik dalam bentuk cairan atau gel berbahan dasar alkohol yang biasa digunakan sebagai alternative untuk membersihkan tangan dari kotoran/ kuman/ bakteri, tetapi tidak efektif dalam membunuh virus. Sebaiknya gunakan benda ini dalam kondisi darurat saja karena tidak bagus untuk kulit jika menggunakannya terlalu sering.

Ok, itulah lima benda yang harus ada di dalam tasmu saat bepergian. Mungkin beberapa sahabat readers punya versi lain, silakan di share ya. Semoga bermanfaat.

Akhirulkalam.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman lahiran normal anak pertama di Rumah Sakit

  Assa lamu’alaikum… Dear diary. Kali ini aku hanya ingin berbagi cerita tentang pengalaman melahirkan anak pertama di rumah sakit dengan harapan ada manfaat yang bisa diambil dari pengalaman pertamaku ini. Kenapa Rumah Sakit? Sebelum memilih rumah sakit, aku mengunjungi bidan terlebih dahulu untuk memastikan di dalam rahimku ada calon bayi setelah kuyakin dengan benar test pack  yang kupakai bergaris dua, tapi di sana aku tidak mendapatkan apa-apa selain hasil tensi darah bahkan bu bidan tak menyentuh perutku sama sekali karena alasan usia kandunganku terbilang masih sangat muda, “belum kepegang” begitu katanya. Dia juga bilang bisa saja aku menstruasi lagi dan menyarankan untuk berkunjung lagi bulan depan. Kondisiku makin hari makin nggak karuan. Aku mulai merasakan pusing, mual, muntah hingga badan terasa lemas. Tak tahan rasanya jika harus menunggu hingga bulan depan. Kuputuskan untuk periksa ke dokter saja sekalian USG dan siapa tahu dikasih vitamin atau obat pereda rasa mual. Seb

Awal Mula Terkena Eye Floaters

  Eye Floaters Itu Apa Sih? Assa lamuálaykum , Diaris. Alhamdulillah aku udah nulis lagi sekarang. Mudah-mudahan bisa istiqomah  seperti janjiku dari dulu. Beberapa bulan lalu aku sempat vakum nulis di Blog. Bukan karena malas atau kena writer’s block, tetapi ada sedikit masalah dengan kesehatan mataku, ditambah lagi aktivitas sehari-hariku sebagai ibu rumah tangga yang cukup padat, anakku lagi fase aktif-aktifnya, serba ingin eksplor sana-sini. Sok sibuk banget deh aku pokoknya. Hehehe. Bicara tentang kesehatan mata yang menjadi alasanku vakum nulis di Blog. Aku lupa persisnya. Kalau nggak salah sekitar Bulan Juli 2022. Awalnya aku merasakan ada yang aneh dengan mataku yang sebelah kiri. Setelah kucari tahu dari berbagai sumber ternyata mataku yang sebelah kiri menderita Eye Floaters . Berdasarkan informasi yang kudapat dari laman alodokter, floaters adalah bayangan berbentuk bintik atau garis yang tampak mengambang atau melayang-layang pada penglihatan. Floaters sering terjadi dan um

Review BREYLEE BLACKHEAD MASK STEP 1 : Jagonya angkat komedo

Bismillaahirrahmaanirrahiim Hai dears, tampil cantik selalu menjadi salah satu keinginan seorang perempuan walaupun cantik itu relative yang artinya setiap perempuan memiliki standar kecantikan yang berbeda tentunya. So, menurutku kecantikan seorang perempuan itu tak bisa disamaratakan ya. Dikarenakan wajah menjadi salah satu parameter kecantikan seorang perempuan sehingga   wajah yang good looking selalu diidamkan setiap perempuan. Tak harus seperti artis Korea yang shining, shimmering, splendid, and glowing , tapi bersih dari jerawat dan komedo pun sudah sangat disyukuri seperti aku yang dari dulu selalu menginginkan wajah yang bersih dari komedo di area hidung yang agak mengganggu, hehehe. Tak sedikit produk skincare penghilang komedo yang berseliweran di iklan telah kucoba, mulai dari bentuk krim, sabun, dan berupa kertas pernah kucoba, tapi hasilnya   kurang memuaskan karena komedo tak terangkat tuntas terutama komedo yang sudah mulai menghitam, curiga takutnya jadi fosi