Langsung ke konten utama

TIPS RECEH UNTUK BERTAHAN HIDUP : Small-scale financial management



Mari berhitung! sudah berapa lama aku hidup sendiri? jomblo? Bukan, maksudnya hidup seorang diri jauh dari rumah alias merantau. Sejak duduk di bangku SMA kurang lebih usiaku saat itu sekitar 15 tahunan, aku tinggal jauh dari orang tua. Aku tinggal di rumah nenek untuk melanjutkan sekolah SMA. Kenapa? Karena sekolah SMA di tempat tinggalku jaraknya cukup jauh dari rumah, ditambah lagi minimnya transportasi umum.

Saat lulus SMA, aku mulai merantau ke luar kota, nggak terlalu jauh sih. Aku lulus masuk salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Kota Hujan setelah sebelumnya aku gagal masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur beasiswa. Sedikit tak percaya diri. Aku yang kata orang, manja, anak rumahan, kini harus tinggal di luar kota seorang diri tanpa sanak saudara.

Awalnya ku pikir ini akan sulit dijalani, berusaha bertahan hidup di kota orang yang teramat asing bagiku. Aku hanya seorang mahasiswa tanpa beasiswa yang hidupnya disubsidi orang tua. So, sebenarnya untuk masalah keuangan tidak terlalu panik. Kasarnya, kalau habis ya tinggal minta ke orang tua. Namun, aku bukan tipe orang yang mudah meminta-minta sekalipun pada orang tua sendiri. Aku pernah berjualan selama duduk di bangku kuliah demi mendapatkan uang tambahan untuk keperluan kuliah di luar kebutuhan pokok yang telah disubsidi.

Menjadi seorang perantau mengajarkanku tata cara hidup mandiri dalam segala hal, apalagi saat aku mulai mengenal dunia kerja dan mendapatkan penghasilan sendiri, hal tersebut memaksaku untuk belajar bagaimana mengatur keuangan dengan baik dan benar supaya aku bisa bertahan hidup di kota orang.

Aku mau tanya dong friends, kalian pernah nggak kelabakan saat akhir bulan? Gajian masih seminggu lagi, tapi sisa uang hanya cukup untuk beli makan beberapa kali saja. Nah,  tak jarang hal tersebut memicu hutang piutang, baik dalam jumlah kecil maupun besar. Sebagai perantau dan anak kost menahun, aku selalu berusaha untuk menghindari itu. Mungkin aku punya teman yang bisa dipinjami uang jika hal itu terjadi, tapi aku tipe orang yang tidak enakan. Sedangkan jika meminjam ke orang tua, uh tak sampai hati harus meminta kirim uang kepada mereka yang statusnya hanya sebagai pensiunan. Sudah cukup selama ini aku merepotkan mereka. Tak ingin aku membebani mereka lagi dengan masalahku, meskipun mereka tak pernah merasa terbebani sama sekali, namanya juga ke anak sendiri (hehehe).

Dalam upaya agar bisa bertahan hidup, kita harus pintar membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Sekilas  terlihat sama. Namun, sebenarnya jelas berbeda. Kebutuhan adalah segala sesuatu yang harus segera dipenuhi agar tidak terjadi ketimpangan dalam kehidupan, misalnya makanan dan minuman. Jika keduanya tidak dipenuhi maka akan terjadi kelaparan bahkan menyebabkan kematian. Sedangkan keinginan bisa diartikan sebagai kebutuhan lain yang sifatnya bisa ditangguhkan, tidak harus segera dipenuhi, misalnya keinginan untuk memiliki kendaraan pribadi yang sebenarnya belum dibutuhkan karena masih bisa menggunakan kendaraan umum sebagai alat trasnportasi. Kebutuhan dan keinginan inilah yang biasanya menjadi faktor utama penyebab kondisi keuangan menjadi surplus atau defisit?

Untuk kamu para perantau atau anak kost, aku punya sedikit tips yang mungkin bisa membantu dalam mengatur keuangan agar tetap stabil. Berikut beberapa hal yang harus didahulukan sebelum membelanjakan uang untuk hal-hal yang bersifat entertain, diantaranya :

Membuat list kebutuhan pokok

Berdasarkan definisi ‘kebutuhan’ yang telah dijelaskan di atas, maka biasakan untuk membuat list perihal apa saja yang harus segera dipenuhi, misalnya aku yang anak kost tentunya uang kost harus menjadi prioritas utama. Selanjutnya, uang makan dan transport, serta kebutuhan lainnya seperti listrik, air, telepon, peralatan mandi, skincare, dan sebagainya.

Belilah barang yang sekiranya sangat diperlukan saat itu untuk menghindari terjadinya pemborosan, karena biasanya keranjang belanja akan didominasi oleh barang-barang yang diinginkan, bukan yang dibutuhkan jika tidak membuat list.

Prioritaskan orang tua

Pernah nggak sih friends ketika kalian jajan makanan atau membeli suatu barang, lalu ingat orang tua di rumah? Nah, itu yang sering aku rasakan. Aku membayangkan setiap pulang kerja atau setiap aku pergi, aku pulang membawa buah tangan untuk orang tua di rumah, tapi apalah daya bagi seorang perantau yang tak tinggal serumah dengan orang tua. So, aku mengatasi hal itu dengan selalu rutin mengirim uang kepada orang tua, istilahnya “kasih mentahnya aja”, meskipun aku tahu mereka tak pernah meminta, tapi aku merasakan kepuasan tersendiri saat melakukannya.

Jadikanlah orang tuamu raja, maka rezekimu seperti raja”, sebuah quotes yang pernah ku baca dan memang benar adanya. Jangan pernah perhitungan untuk memberi orang tua, layaknya orang tua yang tak pernah perhitungan kepada anaknya dalam memberikan segala sesuatu. Sebelum kamu membahagiakan orang lain, bahagiakan terlebih dahulu orang-orang terdekatmu, yakni orang tua dan keluargamu. Dan “Tak akan pernah miskin bagi mereka yang membelanjakan hartanya untuk orang tuanyaquotes ini juga benar-benar nyata. Aku merasa tak kekurangan selama menjadikan orang tua sebagai prioritas.

Menabung dan dana darurat

Ini yang sering diajarkan oleh orang tuaku. Menyisihkan sebagian uang dari penghasilanmu. Bagiku tabungan merupakan uang lupa yang akan ku ambil saat aku ingat nanti, walaupun faktanya aku selalu ingat (hehehe). Baik dengan tujuan ataupun tidak, aku menyisihkan uang berapa pun nominalnya yang mana nanti bisa ku pakai jika ada kebutuhan lain atau sesuatu yang ingin ku peroleh.

Sedangkan untuk dana darurat yang dimaksud di sini yaitu sisa uang setelah memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang telah disebutkan di atas. Biasanya aku tak menggunaka uang tersebut pasca gajian ya friends, kecuali kalau ada kebutuhan lain yang sifatnya urgent. Namun, ku gunakan uang tersebut untuk hal-hal yang bersifat entertain sebagai reward untukku pra gajian bulan depan. Inilah poin penting yang mungkin bisa membantu kita semua untuk meminimalisir teradinya hutang piutang.

Jangan lupa sedekah

Surat Ali-Imran Ayat 92, "Kamu tidak sekali-kali akan dapat mencapai (hakikat) kebajikan dan kebaktian (yang sempurna) sebelum kamu dermakan sebagian dari apa yang kamu sayangi. Dan sesuatu apa juga yang kamu dermakan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya."

Ayat tersebut merupakan salah satu ayat yang mengajak seluruh manusia untuk saling memberi. Mungkin friends juga pernah mendengar bahwa, “Di dalam hakmu ada haknya orang lain”. Rezeki kita yaitu yang telah berhasil melewati kerongkongan kita sendiri. Semua harta yang kita miliki belum tentu milik kita seutuhnya. Namun, semua hanyalah titipan yang kapan saja bisa Alloh Swt. ambil.

Alloh Swt. telah menetapkan rezeki seluruh manusia sejak dalam kandungan dan Alloh Swt akan selalu memberikan kecukupan bagi hambaNya sebagaimana yang tercantum dalam Qs. An-Najm ayat 48 :

Dan sesungguhnya Dialah yang memberikan kekayaan dan kecukupan.”

Sedangkan di ayat lain, Alloh Swt. memerintahkan manusia untuk selalu tolong menolong :

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.” [al-Mâidah/5:2].

Dari beberapa ayat tersebut dapat disimpulkan bahwa semua orang memiliki rezekinya masing-masing, yang berbeda hanyalah sumber dari rezeki itu sendiri. Dari penghasilan yang diterima setiap bulan, sisihkan sebesar 2,5 % seperti yang telah Alloh Swt. perintahkan dan berikanlah kepada mereka yang membutuhkan, karena dalam penghasilanmu ada rezekinya orang lain. Mungkin bagi mereka yang belum terbiasa akan terasa berat mengeluarkan harta yang sebetulnya tak seberapa itu. Wajar sih, rasa takut kekurangan memang manusiawi, tapi selama masih mengingat ada Alloh Swt. dan semua yang dimiliki adalah titipanNya, insyaallah  ketakutan itu akan hilang dengan sendirinya. Lebih baik keluarkan harta yang tak seberapa itu, daripada Alloh Swt. yang mengeluarkan dengan caraNya. Sebenarnya bersedekah itu sama sekali tidak membuat hidup menjadi kekurangan, justru malah melebihkan dari apa yang kamu miliki. Nggak percaya? Cobain deh.

Mungkin beberapa tips di atas bisa dicoba , terutama poin  terakhir. Biasakan untuk bersedekah berapa pun jumlahnya karena yang paling penting adalah keikhlasannya. Jangan lupa juga untuk selalu budayakan menabung serta pintar-pintarlah dalam memilah antara kebutuhan dan keinginan. Bukan hanya untuk perantau saja, memiliki dana darurat merupakan hal yang penting bagi semua orang agar terhindar dari utang piutang kepada orang lain seumpama suatu hari ada kebutuhan yang tak terduga. Namun, jika tidak ada, uang itu bisa digunakan untuk memenuhi keinginan yang sebelumnya di hold atau bisa juga sebagai penambah saldo tabungan. Semoga bermanfaat. Akhirulkalam.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman lahiran normal anak pertama di Rumah Sakit

  Assa lamu’alaikum… Dear diary. Kali ini aku hanya ingin berbagi cerita tentang pengalaman melahirkan anak pertama di rumah sakit dengan harapan ada manfaat yang bisa diambil dari pengalaman pertamaku ini. Kenapa Rumah Sakit? Sebelum memilih rumah sakit, aku mengunjungi bidan terlebih dahulu untuk memastikan di dalam rahimku ada calon bayi setelah kuyakin dengan benar test pack  yang kupakai bergaris dua, tapi di sana aku tidak mendapatkan apa-apa selain hasil tensi darah bahkan bu bidan tak menyentuh perutku sama sekali karena alasan usia kandunganku terbilang masih sangat muda, “belum kepegang” begitu katanya. Dia juga bilang bisa saja aku menstruasi lagi dan menyarankan untuk berkunjung lagi bulan depan. Kondisiku makin hari makin nggak karuan. Aku mulai merasakan pusing, mual, muntah hingga badan terasa lemas. Tak tahan rasanya jika harus menunggu hingga bulan depan. Kuputuskan untuk periksa ke dokter saja sekalian USG dan siapa tahu dikasih vitamin atau obat pereda rasa mual. Seb

Awal Mula Terkena Eye Floaters

  Eye Floaters Itu Apa Sih? Assa lamuálaykum , Diaris. Alhamdulillah aku udah nulis lagi sekarang. Mudah-mudahan bisa istiqomah  seperti janjiku dari dulu. Beberapa bulan lalu aku sempat vakum nulis di Blog. Bukan karena malas atau kena writer’s block, tetapi ada sedikit masalah dengan kesehatan mataku, ditambah lagi aktivitas sehari-hariku sebagai ibu rumah tangga yang cukup padat, anakku lagi fase aktif-aktifnya, serba ingin eksplor sana-sini. Sok sibuk banget deh aku pokoknya. Hehehe. Bicara tentang kesehatan mata yang menjadi alasanku vakum nulis di Blog. Aku lupa persisnya. Kalau nggak salah sekitar Bulan Juli 2022. Awalnya aku merasakan ada yang aneh dengan mataku yang sebelah kiri. Setelah kucari tahu dari berbagai sumber ternyata mataku yang sebelah kiri menderita Eye Floaters . Berdasarkan informasi yang kudapat dari laman alodokter, floaters adalah bayangan berbentuk bintik atau garis yang tampak mengambang atau melayang-layang pada penglihatan. Floaters sering terjadi dan um

Review BREYLEE BLACKHEAD MASK STEP 1 : Jagonya angkat komedo

Bismillaahirrahmaanirrahiim Hai dears, tampil cantik selalu menjadi salah satu keinginan seorang perempuan walaupun cantik itu relative yang artinya setiap perempuan memiliki standar kecantikan yang berbeda tentunya. So, menurutku kecantikan seorang perempuan itu tak bisa disamaratakan ya. Dikarenakan wajah menjadi salah satu parameter kecantikan seorang perempuan sehingga   wajah yang good looking selalu diidamkan setiap perempuan. Tak harus seperti artis Korea yang shining, shimmering, splendid, and glowing , tapi bersih dari jerawat dan komedo pun sudah sangat disyukuri seperti aku yang dari dulu selalu menginginkan wajah yang bersih dari komedo di area hidung yang agak mengganggu, hehehe. Tak sedikit produk skincare penghilang komedo yang berseliweran di iklan telah kucoba, mulai dari bentuk krim, sabun, dan berupa kertas pernah kucoba, tapi hasilnya   kurang memuaskan karena komedo tak terangkat tuntas terutama komedo yang sudah mulai menghitam, curiga takutnya jadi fosi