Jin, Iblis, Setan, dan Hantu, WHO ARE THEY?






Assalamu’alaikum..

Diantara friends semua ada yang pernah lihat hantu nggak? Atau berkomunikasi dengan hantu? Mungkin diganggu oleh hantu? Atau berteman dengan hantu? Sebenarnya wujud hantu itu seperti apa sih? Berdasarkan beberapa film horor yang ku lihat, hantu itu merupakan mahluk halus yang hidup dengan bentuk yang tidak lumrah dan biasa muncul di malam hari, misalnya Hantu Jeruk Purut yang benwujud seseorang tanpa kepala, kepalanya ditenteng dengan sebelah tangan. Ada lagi kuntilanak, sejenis hantu perempuan yang terkenal dengan rambut panjangnya yang terurai serta pakaian long dress berwarna putih. Sedangkan sundel bolong sepertinya masih ada ikatan saudara dengan kuntilanak karena sosoknya sama, bedanya hanya memiliki punggung bolong yang penuh belatung. Sekarang pocong, hantu yang satu ini wujudnya seperti guling berwarna putih yang kedua ujungnya diikat oleh tali, tapi menurutku ini yang paling mengerikan. Itulah beberapa bentuk hantu yang sering kutemui dalam film horor.  So, Hantu itu ada nggak sih, friends?

Menurutku hantu itu hanya berupa istilah atau sebutan untuk sosok mahluk halus seperti jin yang memiliki bentuk atau rupa yang menyeramkan. Aku juga belum pernah mendengar adanya penciptaan hantu yang ada hanyalah penciptaan jin seperti dalam salah satu firman Alloh S.W.T sebagai berikut :
خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ صَلْصَالٍ كَالْفَخَّارِ (14) وَخَلَقَ الْجَانَّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ(15)

Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar. Dan Dia menciptakan jin dari nyala api.” (QS. Ar-Rahman: 14 – 15)
Setahuku Alloh S.W.T hanya menciptakan jin dari api. Kalau sekiranya friends ragu silahkan di cek di Alquran ya. Lalu bagaimana dengan setan dan iblis? Sama seperti hantu yang mana keduanya hanya berupa sebutan. Setan memiliki arti jauh dari kebaikan atau jauh dari rahmat Alloh S.W.T. Setan itu bukan mahluk melainkan sifat dari mahluk itu sendiri yang diidentikan dengan sifat pembangkang atas perintah Alloh S.W.T., sedangkan untuk jenis mahluknya bisa dari golongan jin atau manusia karena keduanya memiliki persamaan yakni dianugerahi akal dan hawa nafsu oleh Alloh S.W.T. (bisa dibaca dan dipahami dalam surah An-nas). So, setan itu bukan melulu soal mahluk halus tetapi bisa juga manusia yang selalu membangkang atas apa yang diperintahkan oleh Alloh S.W.T. (sumber lain : konsultasisyariah.com dan islami.co).
Manusia ada yang pembangkang dan ada juga yang taat. Manusia pembangkang misalnya dia yang hawa nafsunya dikendalikan oleh sifat setan itu sendiri untuk melakukan hal-hal negatif yang mana contohnya bisa dilihat dalam kasus asusila yang tidak manusiawi yang terjadi beberapa hari ke belakang ini. Begitupun dengan jin, sama seperti manusia, hanya saja jin tidak dapat dilihat secara kasat mata. Jin ada yang taat. Friends pernah dengar tentang jin islam? Kalau belum, silakan cari tahu sendiri ya, hehe. Sedangkan jin pembangkang adalah iblis, seperti yang terdapat dalam firman Alloh S.W.T berikut ini :
{وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلائِكَةِ اسْجُدُوا لآدَمَ فَسَجَدُوا إِلا إِبْلِيسَ كَانَ مِنَ الْجِنِّ فَفَسَقَ عَنْ أَمْرِ رَبِّهِ أَفَتَتَّخِذُونَهُ وَذُرِّيَّتَهُ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِي وَهُمْ لَكُمْ عَدُوٌّ بِئْسَ لِلظَّالِمِينَ بَدَلا (50) }

Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, "Sujudlah kalian kepada Adam.” Maka sujudlah mereka ke­cuali iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan teman-temannya sebagai pemimpin selain dari-Ku, sedangkan mereka adalah musuh kalian? Amat buruklah iblis itu sebagai penggan­ti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim. (QS. Al-Kahfi : 50)

Itulah sekilas tentang Jin, Setan, Iblis, dan Hantu. Nah, friends, aku punya cerita horor tapi nggak horor sih. Waktu itu aku masih duduk di SMA dan tinggal di rumah Nenekku. Lagi musim UTS atau UAS gitu, aku lupa. Aku punya kebiasaan belajar malam setelah sholat Isya sampai jam 10 dan disambung lagi jam 3 pagi. Aku selalu shalat di kamar depan, kamar tamu karena ukuran kamarku terlalu kecil tak ada space untuk shalat. Yang namanya kamar tamu pasti jarang dihuni tapi selama ini nggak pernah ada cerita mistis sampai pada malam itu seperti biasa sekitar pukul 19.15 WIB aku shalat Isya dan belajar di kamar itu, kebetulan besok pagi ujian Biologi yang mana aku harus banyak membaca dan itu akan membuatku cepat mengantuk.

Terbukti, friends. Aku ketiduran dan cukup nyenyak sampai akhirnya aku terbangun karena lampu kamar yang masih menyala. Aku memang tak bisa tidur dengan lampu menyala sehingga ditengah nyenyaknya tidur aku pasti terbangun. Perlahan aku membuka mata karena silau, ku tengok jam dinding di kamar itu pukul 23. 45 WIB. Sudah tak ada cahaya lampu yang masuk dari luar kamar. Gelap. Sepi. Semuanya sudah berada di alam mimpi masing-masing. Ku angkat tubuhku yang mulai terasa pegal efek posisi tidur yang tak beraturan. Saat itu posisiku setengah duduk di kasur menghadap ke arah pintu. Eng-ing-eng…. Tiba-tiba Handle pintu (gagang pintu) bergerak 3 kali. Aku hanya diam sambil menyaksikan pertunjukan singkat itu, ritme detak jantung terasa makin cepat. Aku masih berada di posisi setengah duduk, aku tak berani bergerak sama sekali. Aku mencoba untuk bersuara namun suaraku tak keluar seolah tertahan di tenggorokan.

± 10 menit aku terdiam dengan posisi yang mendadak tak bisa diubah. Kucoba menetralkan kembali rasa takut yang hinggap dibenakku. Aku sempat mengira itu nenek atau kakekku yang mungkin hendak mengecek kamar karena lampunya masih menyala, tapi jika memang begitu harusnya ada suara derap langkah atau suara pintu dibuka dari kamar mereka dan juga kenapa tidak dibuka saja pintu kamarnya untuk memeriksa masih ada aku atau tidak di kamar.. disamping itu, aku juga takut kalau itu maling karena rumah kami pernah dimasuki maling dan malingnya berhasil kabur, tapi seapiknya maling tetap saja pasti ada suara-suara yang mencurigakan. Dan jika memang begitu seharusnya esok paginya ada jejak-jejak rumah kemalingan seperti biasanya, ini? Sama sekali tidak ada. Lantas siapa yang main handle pintu? Apakah si dia yang tak kasat mata? Entahlah, aku tak ingin berurusan dengan hal-hal seperti itu yang pasti malam itu setelah tubuhku mulai tenang dan normal lagi aku berusaha dengan cepat membuka pintu kamar tamu itu lalu masuk ke kamarku untuk melanjutkan tidur yang terganggu, di luar kamar? Bersih, friends. Tak ada siapapun. Sepi seperti malam-malam biasanya.

Jujur, awalnya aku percaya nggak percaya dengan hal-hal mistis apalagi hantu-hantu seperti itu (bukannya sok berani, kalau melihat pun paling aku pura-pura pingsan aau pingsan beneran mungin). Tapi berdasarkan pada ayat-ayat Alquran yang menyatakan bahwa mahluk halus seperti jin itu memang ada ditambah lagi aku pernah bahkan tak jarang menonton di youtube channel-nya Sara Wijayanto dan Jurnal Risa yang mana keduanya indigo. Di channel tersebut menjelaskan bahwa mahluk halus seperti yang sudah disebutkan di paragraf awal itu berasal dari jelmaan jin. Jin bisa merubah wujudnya sesuai dengan apa yang mereka sukai, mereka ada yang baik, ada yang tidak baik, dan ada juga yang usil. Konon katanya mereka yang usil itu hanya karena ingin diakui keberadaannya. Kalau friends ingin tahu lebih detailnya, silakan kunjungi channel-nya karena aku mulai merinding untuk bercerita lagi.

Intinya friends mereka (males nyebutnya, hhiii) itu memang ada dan diciptakan oleh Alloh S.W.T dan harus kita yakini keberadaannya tanpa harus mengganggunya. Itulah alasan kenapa kita sebagai manusia untuk selalu berdo’a dalam setiap beraktivitas bahkan dalam Islam banyak sekali do’a-do’a yang dapat melindungi kita setiap kita hendak beraktivitas. Kalaupun belum hafal do’a-do’anya minimal membaca Bismillaah setiap mengawali aktivitas agar selalu senantiasa dilindungi oleh Alloh S.W.T. Apalagi jika hendak ke kamar mandi jangan lupa selalu berdo’a karena salah satu tempat kesukaan mereka adalah kamar mandi.

Oke, friends. Cukup sekian diary kali ini. Jika ada kesalahan atau kekeliruan mohon bersedia untuk mengoreksinya ya. Di sini aku cuma sharing pengalaman horor aku. Eh menurut kalian ini horor atau nggak sih? Entahlah. Aku berharap diary ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Akhirulkalam, wassalamu’alaikum..

Comments

Popular Posts